Tagline/Slogan

SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN

Salam PPK : Cerdas, Berkarakter, Menyenangkan, Luar Biasa, Hebat

Tepuk PPK : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas

Sekolah yang bermutu, mencetak generasi yang berilmu

Sekolah simbol kekayaan generasi bangsa

Pondasi bangsa yang kuat adalah generasi yang berpendidikan

Tanpa ilmu kau takkan tahu luasnya dunia

Dengan ilmu wujudkan duniamu!

Hargai gurumu agar semua ilmu diberikan untukmu

Cerdaslah kamu, bahagiakan orang terdekatmu

Buku hanya akan bermanfaat jika dibaca dan diamalkan!

Tak ada ilmu yang bermanfaat tanpa dipraktekan dan di amalkan

Harta tak menghasilkan ilmu, tetapi ilmu pasti menghasilkan harta

Jadikan perpustakaan sebagai kamar belajarmu!

Tak ada orang sukses tanpa belajar sejak dini

Budayakan membaca walau hanya sebentar

Muda menanam tua memanen

Tak ada harta yang kekal kecuali ilmu

Perpustakaan adalah gudang ilmu

Buku yang berkualitas adalah buku yang dibaca

Buku yang baik adalah buku yang dibaca!

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit

Kami datang untuk belajar, Kami pulang membawa ilmu

Nasehat yang baik adalah Teladan yang baik

Ilmu yang diperoleh dari sekolah lebih penting dari pada ijazah

Orang berilmu tak nyaring suaranya

Tak ada yang lebih mahal dari ilmu

Ilmu simbol kekuatan sebuah generasi

Jadikan ilmu anda bermanfaat untuk orang banyak

Sekolah mendapat ilmu, Sekolah mendapat iman

Jika ingin bahagia maka cari ilmu sebanyak-banyaknya

Jika hidup sementara, belajarlah agar tak menyesal kelak

Belajarlah jika ingin berguna!

BERITA

Hari Lahir Pancasila

By Administrator | 2017-06-01 11:21:57

Sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi. Agar kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara merupakan satu kesatuan proses sejak rumusan Pancasila pertama kali disampaikan Ir. Soekarno tanggal 1 Juni 1945, rumusan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945.

Tanggal 18 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Konstitusi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 tahun 2008. Untuk melengkapi sejarah ketatanegaraan Indonesia, tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2016.

Tanggal 1 Juni pun ditetapkan sebagai hari libur nasional dan agar Pemerintah, seluruh komponen bangsa, serta masyarakat memperingati Hari Lahir Pancasila tersebut.

Menindaklanjuti Keppres Nomor 24 tahun 2016 tersebut, Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional, melalui Surat Nomor B-437/M.Sesneg/SET/TU.00.04/05/2017 tanggal 18 Mei 2017 menyerukan agar Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat memperingati Hari Lahir Pancasila.

Seluruh instansi Pemerintah, baik di Pusat, daerah, maupun perwakilan Pemerintah di luar negeri, serta BUMN/BUMD diminta untuk menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dan melaksanakan Pekan Pancasila pada tanggal 29 Mei-4 Juni 2017.

Pekan Pancasila merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperdalam pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila. Tujuannya, untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila, serta untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berbagai kegiatan akan digelar secara terintegrasi baik di Pusat maupun di daerah, dipayungi satu tema besar, yakni “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

Tema ini merupakan bentuk ekspresi bersama yang dibawakan dengan cara personal. Mengingatkan kembali bahwa Pancasila tidak hanya sebagai Dasar Negara, tetapi juga jati diri bangsa. Sila-silanya menyatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia. Semua kata yang terkandung di dalamnya merupakan intisari jiwa masyarakat kita.

Pada 1 Juni 2017 Indonesia untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Peserta upacara terdiri atas personil TNI dan Polri, serta para siswa sekolah, dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA sebagai bentuk partisipasi generasi muda. Di kesempatan ini, Pancasila kembali digaungkan untuk menjadi falsafah yang bisa dipelajari hingga ke mancanegara.

Pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi sebagai awal dari usaha menjaga jati diri negeri ini.

Tema, logo, dan tagar : #PekanPancasila; #SayaPancasila; #PancasilaReborn; #KenalPancasila; #PancasilaPunyaKita; #PancasilaSatu; #Pancasila2017

Diharapkan dapat mulai digunakan di berbagai jejaring sosial sehingga dapat memaksimalkan program Pekan Pancasila.

Share