(0542) 733 574 (0542) 424 563

Adiwiyata SMP Negeri 3 Balikpapan

Implementasi Sekolah Adiwiyata pada tahun 2016 diarahkan pada kelembagaan PLH, peningkatan kualitas SDM, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan dan efiensi penggunaan anggaran sekolah, pengembangan materi PLH, peningkatan komunikasi dan informasi, pemberdayaan masyarakat, dalam pelaksanaan dan pengembangan PLH.

Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi dan keterpaduan antar pemaku kepentingan dalam melaksanakan pendidikan Lingkungan Hidup dan mempercepat upaya pengembangan PLH di jalur pendidikan formal baik dari jenjang dasar dan menengah serta mendorong terbentuknya sekolah adiwiyata yang mampu berpartisipasi dan melaksankan upaya pengelolaan lingkungan hidup yang meliputi ( kelestarian, pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan bagi generasi sekarang dan mendatang).

Dalam melaksanakan sekolah adiwiyata tahun 2016, SMP Negeri 3 Balikpapan menggunakan mekanisme dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Membentuk Tim Adiwiyata Sekolah ( Unsur Guru, Siswa dan Komite)
  2. Melakukan EDS
  3. Melakukan Kajian :Lingkungan Sekolah
  4. Membuat rencana Program /Rencana Aksi kegiatan
  5. Melaksanakan Kegiatan /Implementasi
  6. Melaksanakan Evaluasi Hasil Kegiatan (per 3 /6 bulan )

Ucapan Terima kasih kepada semua pihak yang telah membina dan mendukung pelaksanaan sekolah Adiwiya di SMP Negeri 3 Balikpapan

Untuk mengukur standar evaluasi pencapaian sekolah adiwiyata di SMP Negeri 3 Balikpapan maka digunakan analisis SWOT dengan mengukur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang di hadapi SMP Negeri 3 Balikpapan dalam melaksanakan Program Adiwiyata.

Adapun analisis SWOT yang dapat kami jabarkan berkaitan dengan permasalahan lingkungan di sekolah Adiwiyata SMP Negeri 3 Balikpapan dilakukan dengan tahapan identifikasi faktor sebagai berikut :

  1. Pencapaian sasaran prioritas yang di pengaruhi oleh multi faktor antara lain
  2. Faktor Internal

- Yang memudahkan = Kekuatan = Strengths = S

- Yang menyulitkan = Kelemahan = Weaknesses = W

  1. Faktor Eksternal

- Yang memudahkan = Peluang = Opportunities = O

- Yang menyulitkan = Ancaman = Threats = T

  1. Selanjutnya dilakukan tahapan identifikasi masing – masing diambil : 3 S, 3 W, 3 O dan 3 T

III. Identifikasi faktor – faktor bagian diatas dilakukan secara Brainstorming / curah pendapat warga sekolah.

  1. Faktor Internal dan Eksternal
  2. Faktor Internal adalah
  3. Kemampuan penerapan fungsi manajemen
  4. Pemahaman atas peraturan perundangan
  5. Kemampuan memelihara, memperbaiki dan mengembangkan sumber daya sebagai berikut :

- Manusia

- Mesin / Alat Pendukung

- Material / Bahan

- Metode

- Data dan Informasi

  1. Faktor Eksternal meliputi :
  2. SDM
  3. Bahan / Alat
  4. Pemasok
  5. Pelanggan
  6. Teknologi
  7. Globalisasi
  8. Lingkungan
  1. Langkah Evaluasi Faktor dengan tahapan sebagai berikut :
  2. Beri nilai faktor dengan tahapan teknik komparasi

 Menang = 1

 Kalah = 0

  1. Untuk bobot faktor ( BF ) :
  1. Beri Nilai skala dukungan ( ND = Nilai dukungan )

1 = sangat tak mendukung

2 = kurang mendukung

3 = cukup mendukung

4 = mendukung

5 = sangat mendukung

  1. Hitung nilai bobot dukungan ( NBD )

NBD = BF x HD

  1. Memberi nilai skala keterkaitan antar faktor

0 = tidak ada kaitan

1 = sangat kecil keterkaitannya

2 = kecil keterkaitannya

3 = cukup besar keterkaitannya

4 = besar keterkaitanya

5 = sangat besar keterkaitannya

  1. Untuk menghitung Nilai Rata – Rata Keterkaitan ( NRK )

HBK = BF x NRK

BF = Bobot faktor

NRK = Nilai rata – rata keterkaitan

  1. Hitung Total Nilai Bobot ( ( TNB )

TNB = NBD + NBK

NBD = Nilai Bobot Dukungan

NBK = Nilai Bobot Keterkaitan

  1. Tentukan Faktor Kunci Sukses

9. Gambarkan Posisi Kekuatan Organisasi

INTERNAL

EKSTERNAL

STRENGTHS = KEKUATAN

OPPORTUNITIES = PELUANG

  1. Kepala Sekolah peduli dengan program adiwiyata
  2. Ada dukungan warga sekolah terhadap program adiwiyata
  3. Mempunyai hutan sekolah
  4. Memilki produk daur ulang ( 3 R )
  5. Adanya pemanfaatan lahan untuk pembibitan, lubang biopori, kolam ikan lele
  6. Ada program ke warga sekitar sekolah
 
  1. Budidaya tanaman langka khas kalimantan untuk koleksi hutan sekolah
  2. Sebagai motivator PLH bagi sekolah lain dan warga masyarakat sekitar
  3. Meningkatkan Nilai Ekonomi masyarakat Balikpapan / warga sekolah dan masyarakat sekitar melalui 3R
  4. Pengembangan kreasi seni dan budidaya di sekolah
  5. Peningkatan SDM Guru untuk pengembangan Teknik Budidaya tanaman langka
  6. Adanya konsumen hasil karya sekolah
 

WEAKNESSES = KELEMAHAN

THREATS = ANCAMAN

  1. Kepedulian SDM warga sekolah terhadap lingkungan belum maksimal
  2. Belum optimalnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan PLH di sekolah
  3. Belum tersedianya sarana pembelajaran outdoor
  4. Pemanfaatan hutan sekolah untuk proses pembelajaran belum maksimal
  5. Etika kesadaran lingkungan warga sekolah masih kurang
  6. Perlu adanya inovasi TDS sekolah
  1. Kepedulian warga sekolah akan program adiwiyata belum maksimal
  2. Kepedulian warga masyarkat sekitar sekolah akan kebersihan masih kurang
  3. Lingkungan sekolah berada kawasan rawan longsor
  4. Lokasi sekolah rentan terhadap sendimentasi
  5. Kompetensi guru yang belum memadai
  6. Kurang optimalnya sarana pendukung pembelajaran sekolah
 

INTERNAL

EKSTERNAL

STRENGTHS = KEKUATAN

OPPORTUNITIES = PELUANG

  1. Mempunyai hutan sekolah
  2. Memilki produk daur ulang ( 3 R )
  3. Adanya pemanfaatan lahan untuk pembibitan, lubang biopori, kolam ikan lele
 
  1. Budidaya tanaman langka khas kalimantan untuk koleksi hutan sekolah
  2. masyarakat Balikpapan / warga sekolah dan masyarakat sekitar melalui 3R
  3. Peningkatan SDM Guru untuk pengembangan Teknik Budidaya tanaman langka
 

WEAKNESSES = KELEMAHAN

THREATS = ANCAMAN

  1. Belum optimalnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan PLH di sekolah
  2. Pemanfaatan hutan sekolah untuk proses pembelajaran belum maksimal
  3. Etika kesadaran lingkungan warga sekolah masih kurang
 
  1. Kepedulian warga masyarakat sekitar sekolah akan kebersihan masih kurang
  2. Lingkungan sekolah berada kawasan rawan longsor
  3. Kurang optimalnya sarana pendukung pembelajaran sekolah
 

Dalam melaksanakan Adiwiyata, SMP Negeri 3 Balikpapan melakukan kajian lingkungan sekolah sesuai dengan isu lingkungan yaitu :

  • Belum optimalnya kebijakan lingkungan hidup
  • Penyempurnaan kurikulum tingkat satuan pendidikan
  • Belum optimalnya keterlibatan warga sekolah
  • Belum mengimplementasikan seni budaya dalam lingkungan
  • Masih belum optimalnya seni batik di sekolah
  • Belum maksimalnya program kemah hijau
  • Belum optimal pemanfaatan sapras
  • Kurangnya sarana pendukung dalam kegiatan pengomposan
  • Pagar pengamanan sekolah belum maksimal
  • Pengembangan lab sarana pendudukung budidaya pembibitan tanaman langka Kalimantan
  • Peningkatan kompetensi SDM guru di bidang PLH
  • Pengembangan manajemen Pengelolaan rumah kompos dan Bank Sampah

Untuk mengukur bagaimana SMP Negeri 3 Balikpapan dalam melaksanakan Adiwiyata, maka sekolah menganalisis berdasarkan indikator dan kriteria yang di haruskan bagi Sekolah Adiwiyata berdasarkan 4 komponen capaian yaitu :

  1. Pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan
  2. Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan
  3. Pengembangan Kegiatan Lingkungan berbasis partisipatif
  4. Pengelolaan atau Pengembangan sarana pendukung sekolah ramah lingkungan

Adapun Kajian lingkungan Sekolah Adiwiyata yang dapat kami jabarkan sebagai berikut : A. KebijakanSekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan

  • Implementasi LH diwujudkan dalam kebijakan.
  • Mewujudkan kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan LH
  • Mengimplentasikan etika lingkungan pada warga sekolah dan masyarakat sekitar
  • Meningkatkan kapasitas SDM Guru dalam Pembelajaran LH

B. Kurikulumberbasis lingkungan

  • Memasukkan materi PLH dalam Pembelajaran Terintergrasi dan Monolitik
  • Mengembangkan materi lingkungan hidup pada semua mata pelajaran
  • Melakukan pembelajaran tanaman obat dan perkebunan
  • Budidaya pembibitan tanaman langka kalimantan

C. Kegiatan Lingkungan berbasis partisipatif

  • Adanya kemitraan dengan pihak lain
  • Membina sekolah lain untuk PLH
  • Meningkatkan Eco School melalui budidaya tanaman bawang tiwang, aktivitas 3 R dan membatik
  • Meningkatkan kreativitas seni budaya
  • KBM Sekolah

D. Pengelolaan atau Pengembangan sarana pendukung sekolah ramah lingkungan

  • Menambah sarana penunjang perlengkapan pembelajaran lingkungan hidup ( mesin cacah, biopori dst )
  • Pemanfaatan limbah kertas
  • Menambah TPS terpilah dengan inovasi kreatif
  • Meningkatkan sarana pengamanan sekolah dengan cara membangun pagar
  • Membangun kamar mandi siswa dan guru ( 2 unit )
  • Pengembangan laboratorium penunjang bud

Dalam melaksanakan Adiwiyata, SMP Negeri 3 Balikpapan melakukan rencana kerja untuk penunjang sekolah adiwiyata yaitu :

  1. Membuat kebijakan untuk mengimplementasikan PLH
  2. Membentuk tim relawan peduli lingkungan
  3. Mengembangkan materi lingkungan hidup pada semua mata pelajaran
  4. Mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana
  5. Mengikuti program sekolah sehat
  6. Mengikuti lomba atau event yang berkaitan dengan lingkungan hidup
  7. Menjalin kemitraan dengan pihak luar
  8. Mengimplentasikan etika lingkungan pada warga sekolah
  9. Pelatihan pengolahan sampah ( organik dan an-organik / 3R )
  10. Sosialisasi kebersihan kepada warga masyarakat sekitar sekolah ( KBM pertiwulan )
  11. Mengembangkan budidaya ikan lele
  12. Mengembangkan pembibitan tanaman langka di hutan sekolah

Dalam melaksanakan Adiwiyata, SMP Negeri 3 Balikpapan melakukan rencana kerja dan melaksanakannya / implementasi untuk penunjang sekolah adiwiyata yaitu :

  1. Membuat kebijakan untuk mengimplementasikan PLH

- Membuat papan himbauan untuk warga sekolah

- Membuat buku profil sekolah

- Membuat papan himbauan larangan membuang sampah warga masyarakat

- Membuat spanduk tentang PLH ( 12 paket )

- Membuat slogan-slogan di lingkungan sekolah

- Membuat aturan low inforcemen bagi warga sekolah ( brosur )

  1. Membentuk tim relawan peduli lingkungan

- Sosialisasi PLH / Program Adiwiyata ( 10 paket )

- KBM dengan warga sekitar sekolah

- KBM dengan Komite sekolah ( 2 paket )

- Mensosialisasi kegiatan PLH pada kegiatan Ekstrakulikuler

  1. Mengembangkan materi lingkungan hidup pada semua mata pelajaran

- Mengikutsertakan guru dalam kegiatan PLH ( Bimtek )

- Pelatihan guru tentang tanaman langka kalimantan ( 2 paket )

- Pelatihan pengembangan materi LH tentang isu local dan global

- Pembuatan materi pembelajaran diluar kelas

  1. Mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana

- Penyediaan sarana tempat sampah terpisah

- Pengadaan rumah kompos ( 1 unit )

- Pengadaan tanaman langka kalimantan di hutan sekolah ( 1 paket )

- Pengadaan sarana pembelajaran di luar kelas ( gazebo )

  1. Mengikuti program sekolah sehat

- Pelatihan / penyuluhan menjaga kebersihan untuk warga sekolah

- Membuat slogan – slogan larangan penggunaan bahan plastik di kantin sekolah

- Pengadaan tempat tidur UKS

- Pengadaan peralatan pemeriksaan kesehatan di UKS

- Membuat himbauan larangan pemakaian bahan pengawet dan tercemar di kantin sekolah

  1. Mengikuti lomba atau event yang berkaitan dengan lingkungan hidup

- Menyediakan bahan – bahan kegiatan lomba atau event

- Pelatihan persiapan lomba atau event

  1. Menjalin kemitraan dengan pihak luar

- Bermitra dengan Komite dalam kegiatan LH

- Sosialiasi dari Dinas Kesehatan dalam rangka penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan makanan kantin sekolah

- Sosialiasi dari Basarnas dalam rangka pengamanan lingkungan sekolah

- Bantuan Dinas Pemadam kebakaran berupa alat kebakaran dan simulasi kebakaran

  1. Mengimplentasikan etika lingkungan pada warga sekolah

- Membuat himbauan larangan merokok di lingkungan sekolah

- Membuat himbauan membuang sampah pada tempatnya

  1. Pelatihan pengolahan sampah ( organik dan an-organik / 3R )

- Pelatihan bagi guru dan murid

- Membuat spanduk pengolahan kompos

- Pengadaan alat pencacah

  1. Sosialisasi kebersihan kepada warga masyarakat sekitar sekolah ( KBM pertiwulan )

- Mengadakan pelatihan tentang kebersihan kepada warga masyarakat

- Melakukan kebersihan lingkungan sekolah dengan warga masyarakat

  1. Mengembangkan budidaya ikan lele

- Pengadaan bibit ikan lele

- Pengadaan pangan ikan lele

  1. Mengembangkan pembibitan tanaman langka di hutan sekolah

- Pengadaan bibit tanaman langka kalimantan

- Menyediakan sarana penelitian tanaman langka

- Pelaksanaan MOU dengan dinas terkait

Dalam melaksanakan Kegiatan PLH Sekolah Adiwiyata, SMP Negeri 3 Balikpapan maka telah dilakukan evaluasi kegiatan per 6 bulan sebagai berikut : 1. Membuat kebijakan untuk mengimplementasikan PLH - Belum melakukan pembuatan papan himbauan larangan membuang sampah warga masyarakat 2. Membentuk tim relawan peduli lingkungan - Belum menyeluruhnya sosialisasi kegiatan PLH pada kegiatan Ekstrakulikuler 3. Mengembangkan materi lingkungan hidup pada semua mata pelajaran - Belum dilakukannya Pelatihan guru tentang tanaman langka kalimantan - Belum maksimalnya pembelajaran diluar kelas 4. Mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana - Belum adanya pengadaan tanaman langka kalimantan di hutan sekolah - Belum tersedianya pengadaan sarana pembelajaran di luar kelas ( gazebo ) 5. Mengikuti program sekolah sehat - Masih kurangnya pengadaan peralatan pemeriksaan kesehatan di UKS 6. Mengikuti lomba atau event yang berkaitan dengan lingkungan hidup - Telah terlaksananya semua kegiatan 7. Menjalin kemitraan dengan pihak luar - Belum maksimalnya kemitraan dengan Komite dalam kegiatan LH 8. Mengimplentasikan etika lingkungan pada warga sekolah - Telah terlaksananya semua kegiatan 9. Pelatihan pengolahan sampah ( organik dan an-organik / 3R ) - Belum adanya Pengadaan alat pencacah 10. Sosialisasi kebersihan kepada warga masyarakat sekitar sekolah ( KBM pertiwulan ) - Telah terlaksananya semua kegiatan 11. Mengembangkan budidaya ikan lele - Telah terlaksananya semua kegiatan 12. Mengembangkan pembibitan tanaman langka di hutan sekolah - Belum adanya pengadaan bibit tanaman langka kalimantan - Belum tersedianya sarana penelitian tanaman langka - Pelaksanaan MOU dengan dinas terkait Demikianlah evaluasi hasil kegiatan Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 3 Balikpapan yang telah dilaksanakan namun kegiatan yang belum terlaksana akan diadakan pada tahun yang akan datang