Tagline/Slogan

SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN

Salam PPK : Cerdas, Berkarakter, Menyenangkan, Luar Biasa, Hebat

Tepuk PPK : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas

Sekolah yang bermutu, mencetak generasi yang berilmu

Sekolah simbol kekayaan generasi bangsa

Pondasi bangsa yang kuat adalah generasi yang berpendidikan

Tanpa ilmu kau takkan tahu luasnya dunia

Dengan ilmu wujudkan duniamu!

Hargai gurumu agar semua ilmu diberikan untukmu

Cerdaslah kamu, bahagiakan orang terdekatmu

Buku hanya akan bermanfaat jika dibaca dan diamalkan!

Tak ada ilmu yang bermanfaat tanpa dipraktekan dan di amalkan

Harta tak menghasilkan ilmu, tetapi ilmu pasti menghasilkan harta

Jadikan perpustakaan sebagai kamar belajarmu!

Tak ada orang sukses tanpa belajar sejak dini

Budayakan membaca walau hanya sebentar

Muda menanam tua memanen

Tak ada harta yang kekal kecuali ilmu

Perpustakaan adalah gudang ilmu

Buku yang berkualitas adalah buku yang dibaca

Buku yang baik adalah buku yang dibaca!

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit

Kami datang untuk belajar, Kami pulang membawa ilmu

Nasehat yang baik adalah Teladan yang baik

Ilmu yang diperoleh dari sekolah lebih penting dari pada ijazah

Orang berilmu tak nyaring suaranya

Tak ada yang lebih mahal dari ilmu

Ilmu simbol kekuatan sebuah generasi

Jadikan ilmu anda bermanfaat untuk orang banyak

Sekolah mendapat ilmu, Sekolah mendapat iman

Jika ingin bahagia maka cari ilmu sebanyak-banyaknya

Jika hidup sementara, belajarlah agar tak menyesal kelak

Belajarlah jika ingin berguna!

PROFIL OSIS SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN
A. Latar Belakang

OSIS adalah organisasi siswa satu-satunya yang wajib dibentuk disetiap sekolah di seluruh Indonesia baik sekolah negeri maupun swasta, di satu sekolah tidak ada organisasi kesiswaan lain kecuali OSIS, jikapun ada harus di bawah naungan OSIS. OSIS berkedudukan ditiap sekolah lanjutan tingkat pertama atan sekolah lanjutan tingkat atas negeri dan swasta, baik didalam maupun diluar lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikian OSIS adalah satu-satunya organisasi siswa resmi,

Oleh karena itu sekolah harus diciptakan sebagai suatu lingkungan pendidikan ( wawasan wiyata mandala ), mengingat demikian penting perananya dalam upaya mencapai tujuan Pendidika Nasional. Wawasan wiyata mandala adalah suatu pandangan yang mengandung unsur-unsur sebagai berikut :

( Penjelasan Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 )

  1. Sekolah merupakan lingkungan Pendidikan.
  2. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh atas penyelenggaraan pendidika dilingkungan sekolah.
  3. Antara guru dan orang tua siswa harus ada kerja sama dan saling pengertian yang erat untuk mengemban tugas pendidikan.
  4. Para warga sekolah di dalam maupun di luar lingkungan sekolah harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru.
  5. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya dan mendukung kerukunan antar warga sekolah .
B. Landasan Hukum

Landasan Hukum bagi pola pembinaan OSIS DI SMP NEGERI 3 adalah :

  1. Pancasila dan UUD 1945.
  2. Garis – Garis Besar Haluan Negara.
  3. UU RI NO. 2 tahun 1989 . tentang sistim pendidikan Nasional.
  4. Peraturan Pemerintah RI nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar.
  5. Peraturan pemerintah RI nomor 29 tahun 1990 tentang pendidikan Menengah.
  6. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 0461/U/84 tentang kesiswaan,
  7. Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Umum nomor 201/C/Kep/1986, tentang pedoman pembinaan kesiswaan.
  8. Buku pedoman pengelolaan administrasi sekolah lanjutan tingkat pertama Depdikbud, Dirjen Dikdasmen tahun 1993.
A. Maksud dan Tujuan

Maksud pembinaan kesiswaan adalah mengusahakan agar siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan Pembinaan kesiswaan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan peran serta dan membina sekolah sebagai Wawasan Wiyata Mandala sehingga terhindar dari usahadan pengaruh yang bertentangan dengan Kebudayaan Nasional.
  2. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh yang datang dari luar sekolah.
  3. Memantapkan kegiatan ekstrakurikuler dalam menunjang pencapaian kurikulum.
  4. Meningkatkan apresiasi seni dan penghayatan seni.
  5. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara.
  6. Meneruskan dan mengembangkan jiwa dan semangat serta nilai-nilai 45’.
B. Sasaran

Sasaran yang akan dicapai dalam kesiswaan adalah seluruh siswa pada setiap jenis, tingkat dan jenjang pendidikan di SMP Negeri 3 Balikpapan.

C. Materi dan Jalur
  • Materi yang akan disampaikan adalah :
  1. Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Pembinaan budi pekerti luhur atau aklak mulia.
  3. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara.
  4. Pembinaan prestasi akademik, seni, olah raga sesuai dengan bakat dan minat.
  5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam kontek masyarakat plural.
  6. Pembinaan kreatifitas, keterampilan dan kewirausahaan.
  7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi, berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  8. Pembinaan sastra dan budaya.
  9. Pembinaan tehnologi informasi dan komunikasi (TIK)
  10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris.
  • Jalur yang akan dilalui adalah sebagai berikut :
  1. Organisasi kesiswaan
  2. Latihan kepemimpinan
  3. Kegiatan ekstrakurikuler
  4. Kegiatan Wawasan Wiyata Mandala.
D. Organisasi Kesiswaan
  1. Organisasi

Setiap sekolah wajib membentuk organisasi kesiswaan yang berupa Organisasi Siswa Intra sekolah ( OSIS ). OSIS merupakan satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan. OSIS bersifat intra sekolah artinya tidah ada hubungan organisasi dengan OSIS sekolah lain. Dan tidak menjadi bagian dari organisasi lainya yang ada di luar sekolah.

OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah oleh karena itu setiap siswa secara otomatis akan menjadi anggota OSIS dari sekolah yang bersangkutan. Keanggotaan secara otomatis akan berakhir dengan keluarnya siswa tersebut dari sekolah yang bersangkutan.

  1. Tujuan

Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan Nasional, untuk :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi pekerti luhur.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  3. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.
  4. Memanfaatkan kepribadian mandiri.
  5. Mempertebalkan rasa bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  1. Perangkat

Perangkat OSIS terdiri dari :

  1. Pembina OSIS
  2. Perwakilan Kelas
  3. Pengurus OSIS
  4. Anggota OSIS

A. Pembina OSIS

Pembina OSIS yang terdapat di SMP Negeri 3 Balikpapan, bersumber dari dewan guru SMP Negeri 3 Balikpapan yang meliputi :

  1. Pembina OSIS terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah dan guru.
  2. Kepala sekolah dan Wakil kepala sekolah karena jabatanya bertindak sebagai Ketua dan Wakil ketua pembina OSIS.
  3. Guru-guru secara bergantian setiap tahun anggaran menjadi anggota pembina pembina OSIS.
  4. Susunan pengurus dan jumlah pembina OSIS disesuaikan dengan keadaan dan keperluan sekolah yang bersangkutan.
  5. Pembina OSIS bertanggung jawab terhadap seluruh pembinaan, pengelolaan, dan pengembangan OSIS di sekolah yang dipimpin.
  6. Rincian tugas Pembina OSIS SMP Negeri 3 Balikpapan :
  7. Bertanggung jawab atas seluruh pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah yang dipimpin.
  8. Memberi nasehat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
  9. Mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dan pengurus.
  10. Mengesahkan dan melantik Pengurus OSIS dengan Surat Keputusan sekolah.
  11. Mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS .
  12. Menghadiri rapat-rapat OSIS.
  13. Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS.

B. Perwakilan Kelas

  1. Perwakilan kelas terdiri dari wakil – wakil kelas , yang setiap kelas di wakili oleh 2 orang siswa
  2. Perwakilan kelas bertugas mengadakan pemilihan terhadap pengurus OSIS dan menilai pertanggung jawaban OSIS pada masa jabatan
  3. Perwakilan kelas bertanggaung jawab langsung terhadap pembina OSIS.
  4. Masa jabatan perwakilan kelas berlangsung selama 1 tahun pelajaran .
  5. Rincian tugas perwakilan kelas :
  6. Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
  7. Mengajukan usul suatu kegiatan untuk di jadikan program OSIS.
  8. Mengajukan calon Pengurus OSIS berdasarkan hasil rapat kelas.
  9. Memilih pengurus OSIS dari daftaar calon yang di siapkan .
  10. Menilai terhadap laporan pertanggung jawaban segala tugasnya kepada sekolah selaku ketua pembina OSIS.
  11. Menyusun anggaran rumah tangga.

C. Pengurus OSIS

  1. Pengurus OSIS terdiri dari beberapa personil inti, yang terdiri dari :
  • Seorang Ketua dan 2 orang Wakil Ketua.
  • Seorang Sekretaris dan 2 orang Wakil Sekretaris.
  • Seorang Bendahara dan 2 orang Wakil Bendahara.
  • Delapan (10) orang Ketua Seksi, yaitu :
  1. Ketua seksi keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Ketua seksi budi pekerti luhur atau aklak mulia.
  3. Ketua seksi kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara.
  4. Ketua seksi prestasi akademik, seni, olah raga sesuai dengan bakat dan minat.
  5. Ketua seksi demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam kontek masyarakat plural.
  6. Ketua seksi kreatifitas, keterampilan dan kewirausahaan.
  7. Ketua seksi kualitas jasmani, kesehatan dan gizi, berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  8. Ketua seksi sastra dan budaya.
  9. Ketua seksi tehnologi informasi dan komunikasi (TIK)
  10. Ketua seksi komunikasi dalam bahasa inggris.
  1. Syarat-syarat Pengurus :
  • Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Memiliki Budi Pekerti Luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru dan teman.
  • Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa.
  • Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai.
  • Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, sehingga pelajaranya tidak terganggu sebagai pengurus OSIS.
  • Pengurus harus dicalonkan oleh Perwakilan kelas.
  • Mempunyai kemampuan berfikir yang jernih, wawasan mengenahi kondisi bangsanya.
  • Tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi EBTA/EBTANAS.
  1. Kewajiban-kewajiban Pengurus:
  • Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga OSIS.
  • Selalu menjujung tinggi dan menjaga nama baik dan kehormatan sekolah.
  • Kepemimpinan pengurus bersifat kolektif.
  • Menyampaikan laporan pertanggung jawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatan.
  • Selalu berkonsultasi dengan Pembina.
  1. Rincian Tugas Pengurus:
  • Pengurus OSIS bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga OSIS.
  • Menyampaikan laporan pertanggung jawaban OSIS pada akhir masa jabatanya.
  • Pengurus bertanggung jawab langsung terhadap perwakilan kelas dan pembina OSIS.
  1. Pengurus OSIS mempunyai masa kerja selama satu tahun pembelajaran.
  1. Rincian Tugas.
  • KETUA OSIS
  1. Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana.
  2. Mengkoordinasi semua aparat OSIS.
  3. Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh rapat OSIS.
  4. Memimpin rapat OSIS.
  5. Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
  • WAKIL KETUA OSIS
  1. Bersama-sama dengan ketua menetapkan kebijaksanaan.
  2. Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan.
  3. Menggantikan ketua jika ketua berhalangan.
  4. Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya.
  5. Bertanggung jawab kepada ketua OSIS.
  6. Wakil ketua I Mengkoordinasi Wakil Sekretaris I dan seksi I, II, III, IV dan V, sedang Wakil Ketua II Mengkoordinasi sekretaris II dan seksi VI, VII,VIII , IX dan X.
  • SEKRETARIS
  1. Memberikan saran kepada ketua dalam mengabil keputusan.
  2. Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat.
  3. Menyiapkan dan mendistribusikan serta menyimpan surat seta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan.
  4. Menyiapkan surat, laporan, hasil rapat dan evaluasi kegiatan.
  5. Bersama ketua menandatangani setiap surat keluar.
  6. Bertanggung jawab atas tertib organisasi.
  7. Bertindak sebagai Notulis dalam rapat, lantas diserahkan kepada wakil sekretaris.
  • WAKIL SEKTRETARIS
  1. Aktif membantu pelaksanaan tugas sekretaris.
  2. Menggantikan sekretaris jika sekretaris berhalangan.
  3. Wakil Sekretaris I mengkoordinasikan dengan seksi I, II, III, IV dan V.
  4. Wakil Sekretaris II Mengkoordinasikan dengan seksi VI, VII, VIII, IX dan X.
  • BENDAHARA DAN WAKIL BENDAHARA
  1. Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan dan pengeluaran uang serta biaya yang diperlukan.
  2. Membuat tanda bukti Kwitansi setiap pemasukan dan pengeluaran untuk pertanggung jawaban.
  3. Memberikan laporan keuangan secara berkala.
  • SEKSI-SEKSI
  1. Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  2. Melaksanakan program yang telah diprogramkan.
  3. Menyampaikan laporan pertanggung jawaban kegiatan kepada pengurus peda akhir kegiatan.
  • ANGGOTA OSIS SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN
  1. Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada SMP Negeri 3 Balikpapan.
  2. Anggota OSIS tidak memerlukan kartu.
  3. Setiap anggota mempunyai hak, Yaitu :
  • Mendapatkan perlakuan hak yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuan.
  • Memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas.

D. Uraian Tugas Sekretaris Bidang OSIS

  1. Pembinaan keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Memperingati hari-hari besar agama.
  • Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama.
  • Membina toleransi kehidupan antar umat beragama.
  • Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan.
  • Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
  1. Pembinaan budi pekerti luhur atau aklak mulia.
  • Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
  • Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
  • Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tata krama pergaulan;
  • Menumbuhkembangkan kesadaran utk rela berkorban terhadap sesama
  • Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
  • Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
  1. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara.
  • Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
  • Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
  • Melaksanakan kegiatan kepramukaan
  • Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
  • Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
  • Melaksanakan kegiatan bela negara
  • Menjaga dam menghormati simbol2 dan lambang2 negara
  • Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
  1. Pembinaan prestasi akademik, seni, olah raga sesuai dengan bakat dan minat.
  • Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
  • Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
  • Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
  • Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
  • Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
  • Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
  • Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
  • Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
  • Menyelenggarakan festival dan lomba seni
  • Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
  1. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam kontek masyarakat plural.
  • Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
  • Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
  • Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
  • Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
  • Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
  • Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
  • Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
  1. Pembinaan kreatifitas, keterampilan dan kewirausahaan.
  • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
  • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
  • Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi;
  • Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
  • Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.
  1. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi, berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  • Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
  • Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
  • Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV/AIDS;
  • Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
  • Melaksanakan hidup aktif;
  • Melakukan diversifikasi pangan;
  • Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.
  1. Pembinaan sastra dan budaya.
  • Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
  • Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
  • Meningkatkan daya cipta sastra;
  • Meningkatkan apresiasi budaya.
  1. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  • Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
  • Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
  • Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
  1. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris.
  • Melaksanakan lomba debat dan pidato;
  • Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
  • Melaksanakan English Day;
  • Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
  • Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.

BAB I

Nama , Waktu dan Tempat

Pasal 1

Organisasi ini bernama Organisasi Intra Sekolah

Pasal 2

Organisasi ini didirikan untuk waktu yang tidak tertentu

Pasal 3

Organisasi ini berkedudukan di SMP NEGERI 3. Jalan Soekarno hatta KM 1.5 G.Samarinda Kota Balikpapan.

BAB ll

Azas . Tujuan dan Manfaat

Pasal 4

Organisasi ini berdasarkan Pancasila sebagai landasan IDIIL dan UUD ‘ 45 sebagai landasan STRUKTURAL.

Pasal 5

Organisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa sebagai Kader penerus cita – cita dan sumber insani Pembangunan nasional guna :

  1. Meningkatkan keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME dan budi pekerti luhur.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  3. Meningkatkan Kesehatan jasmani dan rohani.
  4. Memantapkan kepribadian dan mandiri.
  5. Mempertebal rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa .

Pasal 6

  1. Organisasi ini bersifat Intra sekolah .dan merupakan satu – satunya organisasi siswa yang syah di sekolah sebagai wadah berorganisasi di sekolah lain atau organisasi kemasyarakatan lainnya.
  2. Organisasi ini hannya berhak mewakili siswa dari sekolah yang bersangkutan.

BAB III

Keanggotaan dan Keuangan

Pasal 7

  1. Anggota Organisasi ini secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar di SMP Negeri 3 Balikpapan
  2. Anggota Organisasi ini tidak memerlukan kartu anggota yang khusus.
  3. Keanggotaan berakhir apabila siswa yang bersangkutan tidak menjadi siswa di SMP Negeri 3 Balikpapan.

Pasal 8

Keuangan organisasi ini diperoleh dari dana yang disediakan oleh sekolah dan sumbangan yang tidak mengikat, serta usaha lain yang syah.

BAB IV

Pasal 9

  1. Setiap anggota mempunyai hak yaitu :
  • Mendapatka perlakuan dan hak yang sama sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan.
  • Memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus OSIS.
  • Mengemukakan pendapat secara lisan dan tulisan.
  1. Setiap anggota berkewajiban untuk :
  • Memelihara nama baik dan kehormatan SMP Negeri 3 Balikpapan.
  • Mematui peraturan dan tata tertip sekolah.
  • Menghormati pamong, paman, dan staf tata usaha.
  • Memelihara sarana dan prasarana serta keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerapian dan kerindangan ( 7 K ) di SMP Negeri 3 Balikpapan.

BAB V

Pasal 10

A. Perangkat OSIS terdiri dari ;

  1. Pembina OSIS
  2. Perwakilan Kelas.
  3. Pengurus OSIS

B. Pembina OSIS terdiri dari :

  1. Kepala Sekolah atau Wakil kepala sekolah sebagai wakil ketua.
  2. Guru sebagai anggota sedikitnya lia atau lebih dan diatur secara bergantian setiap tahun.

C. Perwakilan kelas terdiri dari :

  1. Wakil-wakil setiap kelas.
  2. Setiap kelas diwakili dua orang.

D. Pengurus OSIS terdiri dari :

  1. Ketua
  2. Wakil Ketua I.
  3. Wakil Ketua II.
  4. Sekretaris
  5. Wakil Sekretaris I
  6. Wakil Sekretaris II
  7. Bendahara
  8. Wakil Bendahara.
  9. Sekretaris bidang keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  10. Sekretaris bidang budi pekerti luhur atau aklak mulia.
  11. Sekretaris bidang kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara.
  12. Sekretaris bidang prestasi akademik, seni, olah raga sesuai dengan bakat dan minat.
  13. Sekretaris bidang demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam kontek masyarakat plural.
  14. Sekretaris bidang kreatifitas, keterampilan dan kewirausahaan.
  15. Sekretaris bidang kualitas jasmani, kesehatan dan gizi, berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.
  16. Sekretaris bidang sastra dan budaya.
  17. Sekretaris bidang tehnologi informasi dan komunikasi (TIK)
  18. Sekretaris bidang komunikasi dalam bahasa inggris.

BAB VI

P E N U T U P

Pasal 12

  1. Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran dasar ini akan di atur dalam anggaran rumah tangga, atau peraturan yang lain yang sah.
  2. Anggaran rumah tangga mengatur lebih rinci hal-hal belum di atur dalam anggaran dasar,
  3. Anggaran rumah tangga di susun oleh SMP NEGERI 3 dan di susun berdasarkan anggaran dasar sekolah.

Kita menyadari wahwa siswa merupakan bagian dari generasi muda, akan menjadi pelaku-pelaku pembangunan bangsa dimasa yang akan datang. Kwalitas siswa pada masa kini akan berbicara corak perkembangan masa depan bangsa.

Dari dasar pikitan ini nampak dengan jelas betapa penting arti pembinaan siswa melalui Organisasi Siswa Intra sekolah ( OSIS ) yang merupakan satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah lingkungan pembinaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, sehingga sebagai Wiyata mandala dapat mewujutkan dengan mantap.

Berhasil tidaknya pembinaan dan pengembangan OSIS tergantung dari sekolah yang bersangkutan. Perana pembinaan terhadap OSIS akan sangat berharga sekali didalam pembinaan dan pengembangan dirinya sebagai kader pemimpin masa depan dengan selalu berorentasi kepada program yang telah mereka siapkan sendiri.

Dari keteladanan mereka terbiasa duduk diorganisasi kecil seperti OSIS ini, kelak akan tampil beberapa citra muda yang diterjunkan dimana saja mereka berada. Sudah selayaknya pembinaan diarahkan untuk mewujutkan tujuan harapan dan cita-citanya, terlebih mempersiapkan kader-kader bangsa yang kelak akan menggantikan posisi kunci yang amat penting.

Kesiapan mereka ini dapat berlatih lebih awal, guna meraih kunci sukses masa datang. Persiapan itu sendiri menitik beratkan rasa kesungguhan, rela mengorbankan kepentingan itu sendiri, dan bahkan rela menolong sesamanya, guna meraih suksesnya lebih baik lagi. Semoga OSIS yang telah terpilih menjadi ketua ini dapat terus mengembangkan ide-idenya, kreatifitas remajanya, bakat dan kemampuanya yang berorentasi pada program kerja yang lebih mantap.

IKRAR PUTRA-PUTRI INDONESIA

  • AKU MENGAKU PUTRA INDONESIA, DAN BERDASANKAN PENGAKUAN ITU, AKU MENGAKU :
  1. AKU ADALAH MAHLUK TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERSUMPAH PADANYA.
  2. AKU MENGAKU BERTUMPAH DARAH SATU, TANAH AIR INDONESIA.
  3. AKU MENGAKU BERBANGSA SATU, BANGSA INDONESIA.
  4. AKU MENGAKU BERJIWA SATU, JIWA INDONESIA.
  5. AKU MENGAKU BERBUDAYA SATU, BUDAYA DAN BAHASA INDONESIA.
  6. AKU MENGAKU BERNEGARA SATU, NEGARA KESATUAN REPLUBLIK INDONESIA.
  7. AKU MENGAKU BERTUJUAN SATU, MASYARAKAT ADIL DAN MAKMUR BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDAN 1945.
  • BERDASARKAN PENGAKUAN-PENGAKUAN ITU, DAN DEMI KEHORMATANKU, AKU BERJANJI : AKAN BERSUNGGUH-SUNGGUH MENJALANKAN KEWAJIBAN, DAN MENGAMALKAN SEMUA PENGAKUAN INI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
  • SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA MEMBERKATI NIATKU INI, DENGAN TAUFIK DAN HIDAYAHNYA SERTA INAYAHNYA.

JANJI PENGURUS OSIS

  • ATAS DASAR KEHORMATANKU, AKU BERJANJI :
  1. AKAN MENJALANKAN KEWAJIBAN KAMI, DENGAN KESUNGGUHAN HATI YANG SEBAIK-BAIKNYA.
  1. AKAN MENJALANKAN SEMUA KETENTUAN YANG BERLAKU, SESUAI DENGAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA, DENGAN PENUH TANGGUNG JAWAB.
  1. AKAN MENJALANKAN TUGAS KAMI, DENGAN JIWA PERSATUAN DAN KESATUAN, ATAS DASAR SEMANGAT KEKELUARGAAN, DEMI TERCAPAINYA TUJUAN ORGANISASI.
  • SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA MERINDHOI JANJI KAMI INI. AMIN ..........

JANJI ANGGOTA OSIS

  • ATAS DASAR KEHORMATANKU, AKU BERJANJI :
  1. BERSEDIA MENJADI ANGGOTA OSIS DENGAN KESUNGGUHAN HATI.
  1. BERSEDIA TUNDUK DAN PATUH KEPADA KETENTUAN YANG BERLAKU, SESUAI ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA, DENGAN PENUH TANGGUNG JAWAB, SEBAGAI AMAL BAKTIKU KEPADA SEKOLAH.
  1. AKAN MENJALANKAN KEWAJIBANKU SEBAGAI ANGGOTA, DENGAN JIWA PERSATUA DAN KESATUAN, DEMI TERCAPAINYA TUJUAN OSIS DAN TUJUAN PENDIDIKAN PADA UMUMNYA.
  1. SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA MERIDHOI JANJIKU INI, .............