Tagline/Slogan

SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN

Salam PPK : Cerdas, Berkarakter, Menyenangkan, Luar Biasa, Hebat

Tepuk PPK : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas

Sekolah yang bermutu, mencetak generasi yang berilmu

Sekolah simbol kekayaan generasi bangsa

Pondasi bangsa yang kuat adalah generasi yang berpendidikan

Tanpa ilmu kau takkan tahu luasnya dunia

Dengan ilmu wujudkan duniamu!

Hargai gurumu agar semua ilmu diberikan untukmu

Cerdaslah kamu, bahagiakan orang terdekatmu

Buku hanya akan bermanfaat jika dibaca dan diamalkan!

Tak ada ilmu yang bermanfaat tanpa dipraktekan dan di amalkan

Harta tak menghasilkan ilmu, tetapi ilmu pasti menghasilkan harta

Jadikan perpustakaan sebagai kamar belajarmu!

Tak ada orang sukses tanpa belajar sejak dini

Budayakan membaca walau hanya sebentar

Muda menanam tua memanen

Tak ada harta yang kekal kecuali ilmu

Perpustakaan adalah gudang ilmu

Buku yang berkualitas adalah buku yang dibaca

Buku yang baik adalah buku yang dibaca!

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit

Kami datang untuk belajar, Kami pulang membawa ilmu

Nasehat yang baik adalah Teladan yang baik

Ilmu yang diperoleh dari sekolah lebih penting dari pada ijazah

Orang berilmu tak nyaring suaranya

Tak ada yang lebih mahal dari ilmu

Ilmu simbol kekuatan sebuah generasi

Jadikan ilmu anda bermanfaat untuk orang banyak

Sekolah mendapat ilmu, Sekolah mendapat iman

Jika ingin bahagia maka cari ilmu sebanyak-banyaknya

Jika hidup sementara, belajarlah agar tak menyesal kelak

Belajarlah jika ingin berguna!

PROFIL PRAMUKA SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN

Pendidikan untuk membentuk kepribadian peserta didik seperti yang dimaksud dalam tujuan gerakan pramuka tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat secara sekaligus, melainkan harus dilakukan setingkat demi setingkat dalam waktu yang cukup panjang. Sesuai dengan pola umum Gerakan Pramuka maka usaha pendidikan Kepramukaan tersebut harus direncanakan melalui Program kerja. Organisasi Gerakan Kepramukaan adalah merupakan lembaga pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda, yang bertujuan membantu pengembangan pribadi, watak, dan jiwa sosial para generasi muda kita yang didasarkan pada kesukarelaan, tidak berpolitik dan terbuka bagi semua orang. Kepramukaan telah berkembang sesuai dengan perkembangan anak dan pemuda pada masa kini, seiring dengan berkembangnya kemajuan informasi dan teknologi serta perkembangan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan harus dilihat dan diakui sebagai sesuatu yang penting dan strategis bagi pendidikan masyarakat pada umumnya.

Gerakan Kepramukaan adalah suatu bagian dari Organisasi Kepanduan Dunia yang angota-anggotanya dididik menjadi insan yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab, berguna bagi sesama umat manusia, serta dapat menjalankan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan tidak boleh diserahkan begitu saja kepada orang-orang atau pihak-pihak yang tidak mengerti tentang pendidikan pada umumnya dan keparamukaan pada khususnya, karena hal itu akan menjadikan pendidikan pramuka yang sia-sia dan tidak sesuai dengan harapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia. Sistem pendidikan dan pembinaan kepramukaan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat sejalan dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia dan Program Kegiatan Sekolah yang diharapkan dapat membentuk manusia berbudi pekerti yang Pancasilais.

Gerakan Kepramukaan Gugus Depan 03-061/03-062 Pangkalan SMP Negeri 3 Balikpapan, merupakan bagian dari Gerakan Kwartir Cabang Kota Balikpapan dan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang berada di lingkungan SMP Negeri 3 Balikpapan yang bertujuan untuk mendidik siswa dengan kegiatan-kegiatan Kepanduan. Penyusunan Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan pramuka penggalang di lingkungan gugus depan sebagai hasil musyawarah Gudep 03-061/03-062 tahun 2015/2017. Perlu dijabarkan lagi secara rinci dimana program kerja ini merupakan pentahapan aktivitas bagi kesinambungan proses pelaksanaan kegiatan dalam pembinaan dan perkembangan anggota Pramuka Penggalang di SMP Negeri 3 Balikpapan.

Program kerja tahun 2015/2017 akan tetap melanjutkan fungsi kerja Dewan Penggalang sebelumnya untuk mengakomodir serta mengupayakan peningkatan kuantitas peserta didik dengan tidak meninggalkan usaha-usaha peningkatan kualitas pembinaan SDM, leadership, serta skill pada anggota. Evaluasi juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang keunggulan, kelemahan, peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan.

A. Umum

  1. Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah dan usaha pembinaan generasi muda, yaitu anak-anak dan pemuda yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun, dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia.
  2. Dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 tahun 1987 telah diterbitkan Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka, Sebagai pedoman untuk menghimpun peserta didik yang terdiri dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega dalam satu kesatuan organik yang disebut Gugus depan, agar mudah di bina dan di kelola.
  3. Untuk menjamin keserasian, keselarasan dan kesinambungan dalam usaha pembinaan generasi muda melalui Pendidikan Kepramukaan, maka Gerakan Pramuka akan mengadakan hubungan yang erat dan kerjasama yang baik dengan orang tua, guru dan perserta didik.

B. Dasar

  1. Keputusan Presiden RI Nomor 104 Tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
  2. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 Tentang
  3. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  4. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 Tentang
  5. Petunjuk Penyelenggaraan Gugus depan Gerakan Pramuka.
  6. Rencana Strategik Gerakan Pramuka 2006 – 2009 “Program Prioritas”.
  7. Rencana Strategik Gugus depan “Proyek SJP 18 The best 2016”
  8. Rencana Kerja Gugus Depan Gerakan Pramuka Kota Balikpapan 03-061/03-062 Pangkalan SMP Negeri 3 Balikpapan Tahun Anggaran 2015–2017.

C. Maksud dan Tujuan

  1. Maksud Rencana Kerja ini adalah untuk digunakan sebagai dasar dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 3 Balikpapan
  2. Tujuannya adalah untuk :
  • Menghimpun peserta didik yaitu Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola.
  • Mengupayakan Gerak Pembinaan dan Pembinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada penigkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri
  • Mengupayakan fungsi wadah-wdah pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap, efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kedisiplinan, kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan langkah kemandirian Gerakan Pramuka.
  • Meningkatka rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka.

D. Sasaran Bidang

  1. Pelaksanaan Tugas
  • Mengatur, mengendalikan dan memonitor tugas sehari-hari anggota Dewan Kerja Penggalang.
  • Mengatur dan mengendalikan mekanisme yang berkaitan dengan penugasan seluruh anggota Dewan Kerja Penggalang dan ruang lingkup tugasnya.
  • Menyempurnakan sistem dan mekanisme kerja Dewan Penggalang.
  • Melakukan fungsi pembinaan terhadap anggota Dewan Kerja Penggalang baik secara intern maupun ekstern.
  • Melakukan upaya persiapan kaderisasi pengurus Dewan Kerja Ambalan.
2. Finansial
  • Mengendalikan dan memonitor mekanisme kenangan pada setiap aktivitas Dewan Kerja Penggalang.
  • Menyelenggarakan dana rutin Mabigus untuk aktivitas Dewan Kerja Penggalang diusahakan dengan maksimal kemandirian yang berkesinambungan.
  • Mengatur, mengendalikan dengan mengevakuasi pelaporan keuangan Dewan Kerja Penggalang.
3. Bidang Kajian Kepramukaan
  • Melanjutkan upaya penyempurnaan petunjuk penyelenggaraan pendidikan dan latihan bagi anggota Pramuka Penggalang khususnya dalam perencanaan penyajian kegiatan kepramukaan yang menerik dan menantang.
  • Melakukan pendataan masukan anggota Dewan Penggalang di ruang lingkup Gugus depan.
  • Bekerja sama dengan seluruh anggota Dewan Kerja untuk mencari solusi pemecahan dalam penyempurnaan perubahan petunjuk penyelenggara Dewan Kerja yang baru.

4. Bidang Kegiatan Kepramukaan

  • Publikasi dan informasi kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang.
  • Minimal satu tahun sekali merealisasikan satu konsep kegiatan yang bersifat positif, kreatif dan inovatif, sebegai pengabdian kepada Geraka Pramuka dan masyarakat.
  • Mengusahakan meningkatkan kualitas dan kuantitas perkembangan Pramuka Penggalang yang terlibat dalam upaya pembangunan masyarakat.
  • Terciptanya konsep kegiatan yang bervariasi yang mempu menarik minat remaja/pemuda usia Penggalang.
  • Ikut berpartisipasi dalam setiap even lomba kepramukaan yang diselenggarakan di wilayah Kwarcab kota Balikpapan

5. Bidang Evaluasi dan Pengembangan

  • Tesusunnya petunjuk pelaksanaan kegiatan bagi Dewan Penggalang.
  • Tersusunya perangkat supervisi, monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan Dewan Kerja.
  • Terlaksananya perangkat pengembangan tentang Pramuka Penggalang.
  • Terhimpunnya data yang akurat tentang kuantitas dan kualitas anggota Pramuka Penggalang guna kebutuhan perumusan kebijakan lebih lanjut.

E. Penyusunan Rencana Kerja

Penyusunan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2015–2017 dilakukan dengan :

  1. Mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2015–2017, guna menemukan keadaan Gugus depan Gerakan Pramuka Kota Balikpapan 03-061/03-062 Pangkalan SMP Negeri 3 Balikpapan, menyangkut potensi, kelemahan, peluang maupun hambatan.
  2. Program disusun berdasar pula pada kemampuan dukungan dana dan kemampuan

A. GUGUS DEPAN PUTRA 03-061

Ketua Gugus Depan : Kiswanto, S.Ag

Wakil Ketua Gugus Depan : Syaukani Lutfi, S.Pd

Sekretaris : Erwin Ramadhansyah, S.Kom

Bendahara : Junaidi, S.Ag

Pembina Satuan :

  1. Pujianto, S.Pd
  2. Abdul Jalil, S.Pd
  3. Muhammad Natsir Z, S.Pd
  4. Sumarwoko, S.Pd
  5. Mudjiarto
  6. Wahyudi Kahar, S.Pd
  7. Yani Susanto

Pembantu Pembina Satuan :

  1. Abdul Rahmat
  2. Iqbal Rifani

B. GUGUS DEPAN PUTRI 03-062

Ketua Gugus Depan : Dra. Nurhayati

Wakil Ketua Gugus Depan : Eka Marida Astriani Samosir, S.Pd

Sekretaris : Harlin Suzanti, S.Pd

Bendahara : Theresia Setyawati, S.Pd

Pembina Satuan :

  1. Ambar Susianiwaty, S.Pd
  2. Heni Herawati, S.Pd
  3. Marwiyah, S.Pd
  4. Hanifah, S.Pd
  5. Zahrotul Latifah Noor, S.PSi
  6. Tri Rahayu Firdasari, S.Pd
  7. Netti Herawati, S.Pd
  8. Murtini, S.Pd
  9. Asnel, S.Pd
  10. Tuti Ismelawati, S.Pd

Pembantu Pembina Satuan :

  1. Mardiana Sutjiati, S.Pd
  2. Retno Susilowati, M.Pd
  3. Kusmiati, S.Pd
  4. Dorkas Silling, S.Th
  5. Jeanne Marie Mongi, S.Pd
  6. Dewi Ratna Puri, A.Md.Keb
  7. Citra Marina, S.Pd
  8. Fatmawati, S.Pd
  9. Andi Nurlaela, S.PdI
  10. Ani Haspiati, S.Pd